Langkah Antisipasi Agar Tidak Terkena Ransomware

Sebelumnya sudah saya bahas tentang apa itu Ransomware ? kali ini akan saya ceritakan bagaimana cara kita untuk antisipasi agar komputer/laptop kita tidak terkena ransomware dan bagaimana cara mencegah komputer kita terjangkit ransomware.

Pertama pastikan bahwa laptop dan komputer anda sudah terpasang antivirus dan selalu terupdate, karena percuma kita pasang antivirus tapi belum update.

Virus Ransomware mayoritas menyebar melalui media internet melalui iklan-iklan pop-up yang tidak jelas, maka sebaiknya kita harus hati-hati saat membuka website tertentu dan jika tiba-tiba ada iklan pop-up muncul, jangan asal di klik, karena kalau kita terlanjut klik, kemungkinan kita akan melakukan download konten iklan tersebut dan kemungkinan itu bisa berisi virus ransom!

ransomware
*Contoh tampilan desktop yang sudah terkena salah satu varian virus ransomware, berisi perintah untuk melakukan tranfer bitcoin untuk membuka file yang terkunci

Selain menyebar melalui website dan iklan-iklan pop-up, virus ransom juga menyebar menggunakan media email, misalnya kita tiba-tiba mendapat email tertentu dari pengirim yang seakan-akan menawarkan produk, atau mengirim invoice tagihan, atau email yang berisi promo-promo dan khasnya email-email tersebut juga besertakan lampiran (attachment) file. Nah kita jangan sekali-sekali membuka file lampiran tersebut, karena bisa jadi file tersebut adalah file virus yang bisa aktif saat kita membukanya.

Dapat disimpulkan bahwa penyebarannya virus ransomware ini seringnya adalah melalui media internet/website/iklan dan attachment email. Jadi kira harus selalu waspada dan hati-hati saat berselancar di internet dan saat menerima email yang tidak jelas karena sudah pasti itu spam dan email spam besar kemungkinan mengandung sesuatu yang merugikan, misalnya adalah virus ransomware ini.

Jadi Langkah antisipasi untuk mencegah terkena virus ransomware ini adalah dari Kita Sendiri harus membiasakan untuk berinternet “sehat” yaitu bukalah halaman-halaman website yang positif dan jangan membuka halaman-halaman website yang mengandung unsur ransomware seperti, web streaming bajakan, web crack, web judi, web porn, dll.

Lalu selanjutnya adalah selalu baca terlebih dahulu dengan teliti saat mendapat email, jangan asal klik lampiran filenya, pastikan dulu itu email tersebut adalah email yang dikenal, kalo mendapat email yang tidak dikenal segera tandai sebagai email spam.

Oke cukup sekian cara sederhana untuk mencegah terjangkitnya virus ransom, semoga bermanfaat.

#ransomware #virusransomware #mencegahransomware #antisipasiransomware