Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Saya sengaja menulis tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 karena belakangan ini banyak yang mengeluhkan dan bertanya, kenapa laptop mereka menjadi lambat. dengan tulisan ini semoga semua menjadi tercerahkan dan dapat menjadi inspirasi yang bermanfaat.

Banyak customer mengeluhkan kenapa laptopnya begitu lambat alias lemot, seharusnya dengan sistem operasi terbaru kinerja laptop akan menjadi cepat namun malah sebaliknya laptop dengan sistem operasi windows 10 sering kali berjalan lambat sehingga mengganggu dan menghambat pekerjaan mereka.

Anggapan bahwa kinerja sistem operasi terbaru itu lebih cepat dari pada versi sebelumnya itu adalah benar. Yang menjadi masalah adalah, ketika sistem terbaru itu terpasang pada perangkat hardware (laptop) lama, maka wajar jika sistem tersebut akan berjalan lambat dikarenakan tidak kompatibel dengan hardwarenya.

Berarti jika kita ingin mengoptimalkan sistem operasi terbaru yaitu windows 10, maka perangkat keras (hardware) kita juga harus mendukung dan kompatibel, agar performa dan kinerja sistem operasi windows 10 akan maksimal dan pastinya tidak akan lemot.

Sekarang bagaimana cara agar laptop windows 10 tidak lemot ?

  • Upgrade Memori RAM, jika laptop lama kamu masih bermemori 2GB, maka sangat dianjurkan untuk upgrade minimal menjadi 4GB, agar laptop bisa bernafas serta enteng dan kinerja lebih optimal.
  • Upgrade Harddisk (HDD) kamu menjadi SSD agar proses pembacaan dan penulisan data bisa lebih cepat hingga 20x dari pada harddisk.
  • Biarkan Windows 10 melakukan update rutin, dan tuntaskan semua update sistemnya, jika ada kegagalan update karena koneksi atau crash, Windows 10 akan berjalan tidak normal, mungkin bisa menjadi lemot. (Karena saat windows melakukan update, kinerja laptop akan berasa sedikit lambat, saran saya nyalakan laptop dan koneksikan ke internet wifi, biarkan 1 hingga 2 jam untuk dia melakukan update sistem hingga tuntas).
  • Hapus beberapa program yang tidak penting dan tidak digunakan.
  • Hapus sampah secara rutin dengan disk clean up atau menggunakan program pihak ke-3 misalnya CCleaner.
  • Sebelum membeli laptop baru/bekas. Pahami dulu kebutuhannya untuk apa, kalo hanya untuk mengetik dan browsing internet, spek processor intel celeron dengan RAM 4Gb saya rasa cukup. Namun jika kebutuhannya lebih ke multitasking dan butuh perfoma yang cepat, saya menyarankan minimal processor intel core i (i3, i5, i7, i9) generasi terbaru.

Kesimpulannya, jika menginginkan perfoma terbaik, hardware dan software harus saling mendukung alias kompatibel. Jika salah satunya tidak balance (imbang) maka akan menimbulkan perfoma yang buruk misalnya adalah lemot.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10, lainnya tentang Bagaimana Mengatasi Komputer yang Lemot semoga menginspirasi dan bermanfaat, jika ingin berdiskusi tentang kelemotan laptop kamu, silahkan meninggalkan pesan di bawah.

Salam Selalu Sehat.