Cara Setting Modem Speedy ADSL TP-Link Menjadi Router Wifi Access Point

Sebelum ada jaringan fiber, dulu koneksi internet dari telkom (speedy) masih menggunakan kabel tembaga dengan metode koneksi ADSL2+, salah satu modem yang sering digunakan kala itu adalah modem dari TP-Link tipe TD-W8961ND, 300Mbps Wireless N ADSL2+ Modem Router.

Pada jaman itu kecepatan internet maksimal pada kabel tembaga hanya 5 Mbps, dan itupun dibandrol dengan harga jutaan rupiah tiap bulan dengan pangsa pasar perusahaan menengah ke atas.

Untuk jaman 4G+ sekarang kecepatan internet 100Mbps itu sudah biasa dan kecepatan 10Mbps dari ISP Indihome (dulu speedy) yang biasa dipakai di rumah-rumah sudah terasa lemot hehe.

Dan modem ADSL sekarang pun sudah jarang dan hampir tidak pernah dipakai sebagai modem dikarenakan bergantinya kabel jaringan internet provider dari tembaga berubah menjadi fiber.

Namun bukan berarti modem ADSL lama tidak bisa kita manfaatkan. Kita bisa gunakan modem ADSL lama menjadi sebuah router wifi / access point untuk memperluas area jangkauan wifi yang sudah ada. Caranya bagaimana ? yuk disimak baik-baik step by step cara merubah modem ADSL menjadi access point wifi router.

(1) Reset modem ADSL dengan menekan tombol reset selama beberapa detik

(2) Koneksikan modem tersebut dengan laptop / smartphone bisa melalui default wifi atau dengan menggunakan kabel LAN

(3) Buka browser, ketik alamat IP modem yaitu 192.168.1.1 lalu klik Interface Setup – Internet – Bridge Mode – Save. seperti pada gambar di atas

(4) Kemudian masih di Interface Setup – LAN – ganti dan sesuaikan IP Address satu segment dengan Router utama, misal router utama 192.168.1.1 maka untuk router yang dijadikan access point adalah 192.168.1.200 IGMP Snoop Set Disabled DHCP Set Disabled, lalu terakhit Save

(5) Juga masih di Interface Setup – Wireless – atur nama wifi pada SSID misal WIFI_GRATIS dan Authentication type WPA-PSK/WPA2-PSK, dan pada bagian Pre-Shared Key isikan password minimal 8 karakter dengan kombinasi angka, huruf dan simbol, dan klik save jika sudah selesai

Yap langkah setting untuk modem ADSL2+ yang dirubah menjadi wifi router access point sudah selesai dan sekarang waktunya uji coba

Bisa dilihat pada gambar di atas, berhasil terhubung ke Modem ADSL yang sudah dirubah menjadi Access Point Wifi dengan SSID WIFI_GRATIS.

Saya coba speedtest.net dengan signal bar penuh, mendapat kecepatan maksimal yaitu 10 Mbps sesuai dengan router utama / pusat.

Oke semoga artikel tentang Cara setting modem ADSL Speedy menjadi Wifi Router Access Point ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Salam Sehat Selalu