Mengatur Konfigurasi Jaringan LAN/Wifi ONT ZTE F609 Agar Port LAN dengan Wifi Tersambung – LAN-LAN Isolation

Beberapa hari yang lalu ada customer yang meminta tolong untuk mengkonfigurasi jaringannya agar jaringan kabel LAN dengan Wifi bisa tersambung. Ini terjadi saat ia baru berlangganan internet ke salah satu provider besar Internet di Indonesia (sebut saja *ndi*ome).

Sebelumnya ia menggunakan provider lain dan tidak terjadi masalah, eh kok tiba-tiba dengan provider baru kok jaringannya tidak bisa! lalu paniklah dia, dan mencoba mencari-cari jasa setting jaringan, jasa service jaringan dan akhirnya ketemulah ia dengan asakomputer 😀

Berangkatlah saya, setelah di lokasi, pertama, saya analisa topologi jaringannya, simpel ternyata, ada laptop server dengan menggunakan jaringan kabel LAN lalu ada laptop client dengan jaringan wifi dan keduanya langsung mengakses modem router ONT dari provider internet, tanpa ada router atau switch tambahan lainnya.

Kasusnya adalah, laptop client tidak dapat membuka database program dari laptop server, alias kedua laptop tersebut tidak dapat komunikasi. Namun keduanya masih dapat terkoneksi dengan lancar ke internet. Hanya keduanya tidak dapat terkoneksi dan berkomunikasi dalam jaringan lokal.

Emm.. lalu saya sedikit dapat mengambil kesimpulan, sepertinya ada settingan dalam modem router ONT nya (kebetulan menggunakan merk ZTE type F609) yang memblokir akses permission untuk saling berkomunikasi antara port LAN dengan Jaringan Wifi.

Benar saja, ketika saya mencoba masuk ke webmin dari router modem ZTE F609, dengan user = user dan password = user. Saya menemukan setingan konfigurasi yang menyebabkan jaringan kabel port LAN dengan wifi terblokir dan tidak dapat saling berkomunikasi

Berikut scrinsut yang saya dapat kemarin

Bisa kita lihat pada gambar di atas, ada fitur baru pada Modem Router ONT ZTE F609 yaitu LAN-LAN Isolation, lalu ada konfigurasi untuk Enable LAN-LAN Isolation (contrengan).

Jika Enable LAN-LAN Isolation posisi tercentang (V) maka jaringan port kabel LAN satu dengan port lainnya tidak dapat berkomunikasi begitupun dengan jaringan WIFI terhadap LAN. Ini yang mengakibatkan kenapa laptop client dengan jaringan WIFI tidak dapat berkomunikasi dengan laptop server dengan jaringan kabel LAN.

Ketika centang tersebut saya hapus, maka seketika laptop client dapat membuka database pada laptop server dengan lancar dan normal.

LAN-LAN Isolation adalah fitur baru dari modem ZTE F609 v3 2020 yang berfungsi mengamankan jaringan port LAN agar tidak dapat tersambung dengan jaringan WIFI, fitur ini memang sangat berguna untuk mengamankan jaringan port LAN jika jaringan WIFI digunakan untuk umum atau publik yang memungkinkan orang yang terkoneksi wifi membobol atau menghack jaringan lokal LAN misalnya server router billing hotspot dan lain-lain.

Oke kasus terselesaikan, semoga curhatan kali ini dapat bermanfaat

Salam sehat selalu