Memperbaiki PNP Detected Fatal Error pada Windows 10

PNP_DETECTED_FATAL_ERROR adalah kegagalan sistem saat ia memproses salah satu program atau driver yang biasanya adalah file sistem yang corrupt pada semua komponen windows dalam hal ini adalah Windows 10.

Penyebabnya

PNP adalah kepanjangan dari Plug and Play, dimana itu adalah istilah dari perangkat tambahan pada komputer atau laptop yang berupa USB device ataupun Jack audio headphone. Kemungkinan terjadi masalah pada file driver yang berfungsi untuk menjalankan perangkat tersebut, bisa karena virus, file corrupt atau bahkan hilang.

Solusinya

Metode 1 | Uninstall semua program & driver yang berhubungan dengan USB device atau Jack headphone

artinya adalah, hapus semua program pendukung perangkat tersebut baik program dan drivernya, ini dilakukan dalam “safe mode Windows 10”. Bagi anda yang belum mengetahui cara memasuki safe mode Windows 10, silahkan baca terlebih dahulu artikel “Cara Masuk Safe Mode pada Windows 10”

Metode 2 | System Restore

Langkah ini adalah mengembalikan setting dan konfigurasi mulai dari registry, software dan driver ke pada step point system restore tersebut dibuat. Misalkan akan dikembalikan pada setting konfigurasi 1 atau 2 minggu yang lalu. Efeknya adalah menghapus semua konfigurasi registry, software dan driver pada 1 atau 2 minggu yang lalu.

cara untuk memasuki system restore adalah sebagai berikut :

  1. Pertama masuk ke safe mode
  2. Tekan shortcut keyboard Windows + R lalu ketikkan rstrui.exe lalu Enter

  3. Maka akan masuk ke wizard jendela System Restore, ikut semua langkah yang ditunjukkan.

Baik itulah beberapa metode dan solusi untuk permasalahan yang terjadi pada windows 10 saat menemukan Blue Screen dengan kode error “PNP_DETECTED_FATAL_ERROR”

Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Salam dan terima kasih