Kenali Penyebab Kenapa Kinerja Komputer Menjadi Lemot

Semua pekerjaan di bidang apapun selalu tidak lepas dari sebuah alat yang biasa disebut dengan komputer. Dengan menggunakan komputer semua pekerjaan kita akan menjadi lebih cepat, ringan dan efisien. Kita bisa melakukan apapun dengan menggunakan komputer, menginput data, mengolah data, mencetak data, mencari data, dan lain-lain.

Karena seringnya komputer digunakan untuk bekerja setiap hari, mulai jam pagi hingga sore hari kita terkadang lupa bahwa komputer hanyalah sebuah mesin yang terdiri dari susunan hardware dan software yang kapan saja performa kerja bisa menurun dan bahkan rusak.

Agar performa dan kinerja komputer bisa tetap terjaga, perlu kita lakukan perawatan secara rutin, misalnya mengupdate antivirus dan melakukan scanning untuk menjaga sistem tetap bersih dari segala macam malware atau virus.

Maka dari itu kita perlu lebih peduli dan sadar betapa pentingnya komputer dalam kehidupan kita sehari-hari terutama saat kita gunakan untuk bekerja. Kita tidak mau pekerjaan kita terhambat gara-gara komputer yang mengalami masalah, misalnya “Lemot”.

Untuk itu kita perlu tahu dan kenali apa saja yang menjadi penyebab komputer menjadi lemot, lalu bagaimana solusinya agar komputer bisa kembali cepat dan mempunyai performa yang bagus.

Penyebab Komputer Kinerjanya Lemot / Lambat

  • Memori RAM sudah terpakai lebih dari 90%
  • Media Penyimpanan Untuk Sistem (Local Disk C:) sudah penuh diatas 90%
  • Terlalu banyak sampah temporary dan cache
  • Sistem Operasi komputer terinfeksi virus
  • Sistem sedang melakukan install + update sistem (pembaharuan)
  • Hardware kotor / berdebu yang menyebabkan overheat (panas) terutama pada kipas processor

Untuk kasus Memori RAM terpakai lebih dari 90%, kita harus tutup beberapa program yang sudah tidak digunakan dan hanya program yang kita gunakan saja yang kita jalankan pada saat itu. Namun jika kita memang membutuhkan untuk menjalankan banyak program maka solusi yang paling tepat adalah melakukan upgrade Memori RAM agar komputer bisa lebih leluasa bernafas saat menjalankan banyak program sekaligus. (jika kalian kesulitan dalam melakukan upgrade RAM, bisa langsung kosultasikan kepada kami ASAKOMPUTER.COM)

Kelebihan Data juga menjadi penyebab kinerja komputer menjadi lemot, terutama pada penyimpanan local disk C:, karena berisi sistem operasi. Maka dari itu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah menghapus beberapa data yang sudah tidak digunakan atau melakukan backup data ke flashdisk atau hdd external. Atau melakukan upgrade kapasitas hardisk dengan menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar, dan tentu saja juga menginstall ulang sistem ke dalam hardisk yang baru tersebut.

Setiap kali kita membuka program di komputer, pasti dan selalu meninggalkan sebuah cache temporary, apalagi saat kita sedang browsing internet, setiap aktifitas kita berselancar pasti meninggalkan cache sampah. Dan ini kita lakukan setiap kali kita menggunakan komputer dan sedikit demi sedikit sampah-sampah temporary dan cache akan menumpuk dan bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lemot. Solusi untuk ini kita perlu lakukan pembersihan sistem, Cara paling mudah adalah dengan menginstall program CCleaner. Lakukan scaning + cleaning CCleaner satu bulan sekali untuk menjaga performasa sistem komputer tetap baik.

Virus juga bisa menjadi penyebab kinerja komputer menjadi lemot, karena virus bisa memakan / menambah pemakaian memori RAM secara tiba-tiba, akibatnya komputer kehabisan memori RAM dan menjadi lemot / lambat. Solusinya adalah selalu biasakan untuk mengupdate database antivirus dan lakukan scan, antivirus yang rekomended apa ? semua antivirus itu sama, dan cukup menginstall satu antivirus saja, jangan sampai menginstall dobel ya! (nanti bisa bertengkar sesama antivirus hehe).

Untuk pengguna sistem operasi windows 10, harap bersabar jika memang sistem tersebut melakukan update dan install pembaharuan sistem. Jangan sekali-kali mengskip atau membatalkan dengan paksa proses update, karena akan bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem windows tersebut. Sebab windows 10 wajib hukumnya untuk update, karena tidak ada fitur untuk mematikan automatic update pada windows 10.

Untuk penyebab dari segi hardware, masalah yang paling sering terjadi adalah kotor yang mengakibatkan overheat (terlalu panas) sehingga kinerja sistem komputer menjadi lemot. Solusi terbaik adalah melakukan perawatan pembersihan debu dan kotoran pada bagian CPU (PC / Chasing bagian dalam) secara rutin minimal 2-3 bulan sekali.

Sekarang kita sudah tahu sedikit mengenai penyebab permasalahan pada komputer yang sering terjadi yaitu LEMOT dan solusi bagaimana menjaga perfoma sistem komputer tetap baik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Salam Sehat, Terima Kasih
Asakomputer – @ndryli