Apa itu ? Covid-19, 2019-nCoV, SARS-CoV-2, Virus Corona Pandemi Corona

Virus Corona. Halo kawan, apa kabarnya ? semoga semua selalu dalam keadaan sehat, Amiin. Kita harus tetap bersyukur, selalu berikhtiar, selalu berusaha untuk tetap sehat dan menjaga diri, keluarga dan lingkunan dari wabah yang sekarang ini sedang melanda.

Mungkin tidak pas saya bahas topik ini di web saya yang ber-genre IT, namun apa salahnya melalui web ini saya juga ingin mengedukasi semua orang untuk mengerti dan memahami apa yang sebenarnya terjadi sekarang, tentang wabah, tentang pandemi, pandemi virus Corono, Covid-19.

Hmm.. dimulai pada bulan Desember 2019, tepatnya di kota Wuhan, China. Virus ini mulai menjangkiti warga di sana, dalam hitungan hari virus telah menyebar dengan cepat, entah sumbernya dari mana, masih simpang siur dan belum jelas asal muasal pasti sumber virus ini. ( banyak drama, narasi, kontroversi, tentang sumber virus ini )

Virus ini disebut dengan SARS-CoV-2 ( severe acute respiratory syndrome coronavirus ) atau sebut saja Virus Corona dan penyakit yang disebabkan virus ini disebut dengan COVID-19

Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Baik orang kantoran, orang harian, orang embongan, kuli bangunan, pedangan mall, pedangan pasar, pedagang keliling, siapa saja.

Karena virus ini sangat mudah dan cepat menyebar, terbukti dalam beberapa bulan seluruh dunia sudah terinfeksi Covid-19 dan Indonesia hingga saat ini sudah 5000an orang positif terinfeksi Covid-19.

Corona Virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Gejala Virus Corona (COVID-19)

Gejala awal infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyerupai gejala flu biasa, yaitu demam, pilek, batuk kering / berdahak, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona, karena memang tubuh manusia ketika mendapat serangan virus/bakteri secara otomatis tubuh membentuk imun untuk melawan virus/bakteri tersebut ditandai dengan reaksi panas tubuh, pusing, batuk, dll

Secara umum, ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

  1. Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius)
  2. Batuk
  3. Sesak napas

Gejala-gejala COVID-19 ini umumnya muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah penderita terpapar virus Corona kemudian imun tubuh sudah terbentuk dan virus corona akan musnah dengan sendirinya ( ini jika tubuh penderita dalam kondisi fit, siap imun, namun jika penderita ada penyakit bawaan lain, misal jantung, ini bisa membahayakan dan memperparah gejala covid-19 dan bisa berujung kematian )

Cara Penularan Virus Corona (COVID-19)

Covid-19 disebabkan oleh Virus Corona, dan orang bisa dengan mudah tertular hanya dengan melalui sentuhan, percikan cairan saat bersin dan batuk dari dari orang yang sedang positif Covid-19. Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita COVID-19 batuk atau bersin
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan ludah penderita COVID-19
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19

Pengobatan Virus Corona (COVID-19)

Infeksi virus Corona atau COVID-19 belum ada obatnya, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19 ini yaitu,

  • Memeriksakan diri ke klinik, puskesmas terdekat
  • Jika mengalami gelaja berat segera ke IGD RS terdekat untuk ditangani lebih lanjut
  • Mengisolasi diri di rumah (kamar) jika terdapat gejala seperti Covid-19
  • Terus konsumsi air putih yang banyak, makan makanan bergizi dan seimbang
  • Minum suplemen dan vitamin
  • Istirahat yang cukup
  • Selalu memakai masker

Pencegahan Virus Corona (COVID-19)

Sampai saat ini, belum ada obat & vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan kita terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.
  • Hindari kontak dengan penderita COVID-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi virus Corona, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

Intinya adalah, kita harus membiasakan hidup sehat, hidup bersih dan hidup seimbang. Dengan menerapkan pola hidup sehat, itu akan membentuk imun tubuh kita kuat sehingga ketika kita terkena virus/bakteri maka tubuh akan bereaksi cepat dan menangani virus/bakteri tersebut.

Semoga tulisan ini bermanfaat … saya bukan ahli kesehatan, tulisan ini saya dapat dari banyak referensi website kesehatan #alodokter #halodoc #kemenkes. Saya hanya seorang praktisi IT yang terkena dampak pandemi covid-19. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kehidupan menjadi normal kembali, amiiin…

#jagajarak #tetapdirumah #stayathome #lawancorona #covid-19 #bersamalawancorona #asakomputerlawancorona #wajibmasker #selaluberdoa #semogacoronacepathilang #lagiviral #tespostviral