Apa & Bagaimana Cara Membackup Website WordPress pada CPanel

Penting bagi kita menyimpan semua file website wordpress beserta database nya untuk jaga-jaga kalo terjadi sesuatu pada server hosting yang sedang kita gunakan. Misalnya website kita diretas dan terhapus semua kontennya atau server hosting sering down dan kita harus pindah hosting (migrasi).

Jika kita sudah mempunyai file backup nya maka kita menjadi tenang dan jika terjadi apa-apa maka kita masih punya file backup dan setiap saat bisa kita restore (kembalikan).

Ada 2 yang harus dibackup pada website wordpress, yaitu :

  1. Seluruh file wordpress yang berada pada Public_html, seluruh folder dan file pada root nya
  2. Database yang terkoneksi pada wordpress tersebut.

Lalu bagaimana cara membackup nya ? berikut caranya :

[Pertama] Masuk ke akun CPanel kamu, lalu masuk ke menu Files Backup

[Kedua] Jika kamu memiliki fitur backup daily, weekly, kamu bisa tinggal klik Download bagian bawah, atau jika tidak ada fitur backup automatis, kamu perlu meng-klik Download a full account backup untuk mempersiapkan file arsip yang nanti bisa kita download pada halaman File Manager

Gambar di bawah ini adalah hasil arsip yang siap didownload pada File Manager, path lokasi biasanya di home / root dari File Manager

Jangan bingung karena file arsipnya ber-ekstensi tar.gz, Kamu bisa ekstrak dengan 7Zip dengan 2x Ekstrak. ( didalam file arsip tersebut sudah termasuk semua file dan databasenya )

Sekarang mari kita biasakan untuk melakukan backup pada semua file data kita, termasuk file website wordpress beserta database nya.

Sekian dan semoga bermanfaat, Salam Sehat Selalu.