Site icon ASAKOMPUTER

Cara Mengamankan Wifi Rumah dari Para Hacker Pembobol Wifi

Mengamankan Wifi Rumah adalah sesuatu yang mungkin saja dilakukan, namun seberapa urgent kah ? ya kita lihat dulu situasi kondisinya bagaimana. Misalnya Anda adalah pelanggan ISP dengan Paket Unlimited dengan Batas FUP kuota 150GB, jika batas pemakaian sudah mencapai batas tersebut maka kecepatan / bandwith akan menurun drastis mengakibatkan lemotnya koneksi internet kita. Sebenarnya ini adalah rule yang wajar dari penyedia layanan Internet, dengan kata Unlimited, tapi berlimit kuota hehe.

Tapi yang menjadi aneh adalah jika pengguna internet di rumah Anda hanya ada 2 orang dengan maximal 2 perangkat gadget setiap orang, total 4 device, kalo dibagi 150GB / 4 ya perkiraan per device mendapat jatah paling banyak 35GB / bulan. Untuk pemakaian komunikasi Whatsapp saya rasa sih cukup, berbeda lagi kalau streaming Youtubenya sering banget hehe, ya wajar kuota akan cepat habis hehe.

Tapi kalo Anda memang yakin penggunaan internet pada gadget Anda biasa-biasa saja, tidak terlalu menguras kuota lebih dan cepat, tapi anehnya pada setiap pertengahan bulan kecepatan Internet Anda menurun, karena limit FUP sudah melebih batas pemakaian wajar. Heemm bisa jadi Kuota Internet Wifi Anda Bocor dan mengalir entah kemana hehe.

Yuk mari kita amankan Wifi Rumah kita dari para pencuri pembobol kuota internet Wifi, karena memang cara untuk membobol wifi itu sangat mudah, sudah tersebar luas tutorial tutorial di blog dan youtube, seperti yang pernah saya bahas dengan Judul Cara Membobol Wifi Tetangga 100% Halal dan Aman

Sebenarnya dari banyaknya tutorial yang tersebar, hanya ada satu cara yang paling cepat dan ampuh untuk membobol Password Wifi, yaitu dengan memanfaatkan celah WPS

WPS adalah Wifi Protected Setup, fitur untuk memudahkan konektifitas antar perangkat melalui media Wifi, WPS sendiri hanyalah sebuah deretan angka yang berjumlah 6-8 digit angka, tidak ada kombinasi huruf ataupun simbol, dari situlah WPS sangat mudah sekali tertebak oleh metode bruteforce yang dilakukan para hacker pembobol wifi.

Maka dari itulah sebaiknya kita tutup celah WPS pada perangkat Wifi Router Kita, dengan mematikan fitur WPS, insyallah dengan mendisable fitur WPS, Wifi di rumah kita akan lebih aman dan sulit untuk dibobol para hacker pembobol Wifi.

Bagaimana caranya ? untuk beberapa type Wifi Router Modem sudah saya bahas di beberapa postingan yang lalu yaitu :

Kesimpulannya adalah, jika WPS masih aktif maka Wifi kita rentan untuk dibobol, sebaiknya dan disarankan untuk menonaktifkan fitur WPS pada Wifi Rumah mu. Caranya sebenarnya mudah, Anda masuk ke bagian setting Wifi/WLAN, lalu cari fitur WPS, rubah setingan menjadi “disable” lalu simpan.

Semoga bermanfaat, salam sehat selalu

Exit mobile version