Site icon ASAKOMPUTER

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot Parah

Ini berlaku untuk laptop yang bersistem operasi windows 10, sebab banyak sekali user yang mengeluhkan kelemotan laptopnya yang rata-rata bersistem operasi windows 10.

Nah kali ini saya akan mencoba membahasnya dengan singkat dan akurat disertai probelamatika pengalamanan di dunia pertukangan komputer.

Hal utama yang menyebabkan windows 10 sering sekali terasa lemot, adalah seringnya windows 10 melakukan update sistem yang berjalan/running secara background, ini membuat user tidak memahami bahwa sebenarnya sistem operasi windows 10 sedang melakukan update, jika terjadi demikian maka dipastikan kinerja sistem akan menjadi sedikit lambat bahkan lemot parah.

Dan jika sistem sudah tuntas menyelesaikan updatenya maka sistem kembali bekerja secara normal dan tidak lemot. Cuman karena seringnya ngupdate, maka seakan-akan lemotnya itu terus menerus tanpa henti-henti dengan demikian user menyimpulkan bahwa laptop/komputernya sedang tidak dalam keadaan normal atau rusak karena kinerja yang sering lemot.

Analisa

Ketika dilakukan pengecekan menyeluruh ternyata tidak ada masalah, namun ada keanehan saat mengamati task manager – perfomance, akan didapati bahwa perangkat disk sedang load 100% terus menerus ini artinya disk sedang bekerja (entah itu baca atau tulis) dan dalam kasus ini, karena windows melakukan update, maka disk bekerja write(tulis) / download – install update.

Ini yang menyebabkan kinerja laptop/komputer menjadi sangat lambat. Dan ini sering terjadi pada laptop/komputer yang masih terpasang perangkat Disk berupa Hard Disk. Sudah dapat dipastikan bahwa karena keterbatasan kecepatan Hardisk untuk membaca dan menulis yang menyebabkan proses update menjadi lama dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Solusinya ?

Ganti perangkat Hardisk menjadi SSD karena SSD memiliki performa kecepatan 20x lebih cepat dari pada Hardisk. Dan ini terbukti di beberapa klien yang mengalami keluhan lemot, setelah laptopnya diganti ke SSD, kinerja sistem menjadi lebih kenceng, bahkan ngebut kata beberapa user.

Setelah laptop/komputer diganti dengan Disk SSD, maka proses update windows 10 akan menjadi 20x lebih cepat (asumsi kecepartan ISP Internet sama). Karena saat kita lihat pada Task Manager, proses Disk jarang sekali load ke point 100%, lebih cenderung 0%.

Sudah dapat disimpulkan, karena memang perkembangan teknologi terus berkembang baik itu software dan hardware. Sudah saatnya untuk mengganti perangkat Disk laptop/komputer Anda dari yang masih Hardisk ke SSD untuk mendapatkan performa terbaik anti lemot.

Satu bukti lagi, laptop tipe AMD 1,5 Ghz dengan RAM 2GB setelah dipasang SSD 120GB dan bersistem operasi windows 10 20H2 terbaru, performa kecepatan kinerjanya mengalahkan laptop dengan ber spek tinggi tapi masih menggunakan hardisk. Dengan beban kerja Ms.Office & Browsing Internet, serta ditest Desain Corel, laptop tersebut bekerja normal dengan performa pas.

SSD menjadi solusi terbaik untuk kendala kelemotan laptop/komputer Anda, ini mungkin sebagai alternatif lain sebelum atau setelah melakukan upgrade RAM.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadi bahan referensi Anda untuk upgrade SSD

Salam sehat selalu, amin

Exit mobile version