Site icon ASAKOMPUTER

Cara Membuat Flashdisk Installer Windows 10 yang Support EFI Boot dan CSM Boot

Memang sebelumnya sudah saya bahas mengenai pembuatan bootable usb flash disk installer windows 10, namun kali ini akan saya coba bahas lebih dalam namun tetap santai, ringan dan sederhana, sesuai perkembangan teknologi sistem operasi terkini.

Ada 2 jenis usb bootable installer Windows 10, yaitu

  1. USB Installer Windows dengan metode booting CSM / Legacy untuk MBR Disk
  2. USB Installer Windows dengan metode booting UEFI / EFI untuk GPT Disk

Nah yang akan saya bahas bagaimana cara membuat satu usb flashdisk installer windows 10 yang support untuk boot EFI dan boot CSM. Karena ada beberapa kasus installasi yang gagal install dikarenakan format disk yang tidak sesuai dengan boot installer USB nya. Pesan errornya seperti pada gambar di bawah ini :

Pesan error diatas terjadi karena, installer USB anda booting dengan CSM / Legacy Boot dan Disk yang siap pada saat itu berjenis GPT Disk, karena seharusnya installer USB harus booting dengan EFI Boot agar tidak terjadi error seperti di atas..

Untuk cara membuat USB installernya, saya menggunakan Rufus. Perlu diketahui ini adalah step pertama, kita buat dulu flashdisk installer windows 10 dengan settingan default seperti pada di gambar di bawah ini, tanpa merubah setingan apapun. Kalo kita bisa cermati, rufus secara otomatis mensetting usb flashdisk installer win 10 menjadi UEFI boot dan GPT disk.

Tunggu hingga proses pembuatan usb installer oleh rufus selesai complete 100%.

Untuk detail cara pembuatan USB installer Windows, kamu bisa baca kembali artikel sebelumnya Cara Mudah Membuat Bootable USB Flashdisk Installer Windows 10

Lalu kemudian untuk merubah USB Installer UEFI/GPT yang sudah kita buat dengan rufus barusan agar bisa support ke CSM / Legacy Boot, maka kita perlu program pengolah partisi, saya menggunakan Minitool Partition Wizard.

Kamu bisa download terlebih dahuli Minitool Partition Wizard di sini.

Langkah selanjutnya adalah merubah atau meng-convert tipe Disk USB Flashdisk dari GPT menjadi MBR. Jika sudah berubah menjadi MBR, kemudian jika pada partisi Flashdisk tersebut belum ter-set active, maka silahkan rubah set menjadi partisi aktif (Active).

Langkah terakhir adalah menginstall Boot Loader MBR ke dalam Flasdisk tersebut dengan menggunakan BootICE, kamu bisa download di sini, lalu caranya bisa lihat pada gambar di bawah ini

Maka sekarang USB Flashdisk Installer Windows kita sudah support untuk melakukan Booting CSM Legacy dan Booting EFI

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

Exit mobile version