Site icon ASAKOMPUTER

Cara Cek Kondisi Baterai Laptop

Baterai laptop adalah bagian penting yang berfungsi untuk mensupplay tegangan listrik untuk menyalakan sistem laptop. Meskipun tanpa baterai, laptop masih dipakai dengan adaptornya tertancap ke stop kontak. Namun fungsi mobile dari laptop itu akan hilang karena baterai yang rusak hehe.

Perlu diperhatikan bagaimana cara merawat baterai laptop yang benar, pertama jaga kapasitas baterai jangan sampai drop sampai di bawah 10%, sebaiknya range antara 20% – 10% segera colokkan charger adaptor ke stop kontak listrik untuk menjaga kapasitas baterai agar tidak drop di bawah 10% dan sekaligus mengisi ulang daya listrik dalam baterai tersebut.

Kedua, saat pemakaian laptop yang bersamaan dengan pengisian baterai (kondisi adaptor terhubung ke stop kontak listrik) perhatikan status persen kapasitas baterai, jika baterai sudah terisi full 100%, disarankan Anda untuk melepas adaptor dari stop kontak, agar baterai tidak panas karena terus mendapat supply listrik dari adaptor.

Sekarang bagaimana cara mengecek kondisi baterai pada laptop ? kita perlu program namanya BatterayMon yang bisa kamu download di sini. Program tersebut berfungsi menampilan seluruh informasi tentang baterai laptop sekaligus menampilan grafik proses dari charging hingga pemakaian baterai laptop dari detik demi detik, menit demi menit hingga jam demi jam.

Bisa kita lihat pada gambar di atas, baterai dalam kondisi / status Normal. pada saat charging (adaptor tertancap ke stop kontak listrik) bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Bagaimana jika pada saat pemakaian baterai ? bisa kita lihat pada gambar di bawah ini :

Akan muncul semua informasi detail dari baterai tersebut, mulai dari kapasitas isi daya, lalu lama pemakaian laptop dengan baterai.

Baca juga : cara cek camera dan mic pada laptop

Semoga artikel tentang cara cek kondisi baterai laptop ini dapat bermanfaat bagi Anda dan semuanya, terima kasih dan salam sehat selalu.

Exit mobile version