Site icon ASAKOMPUTER

Aktifkan TPM 2.0 dan Secure Boot Agar Bisa Jalankan Windows 11

Memang untuk bisa menjalankan Windows terbaru versi Windows 11 dibutuhkan spesifikasi yang terupdate dan teknologi terkini, salah satunya adalah teknologi TPM 2.0 (Trusted Platform Module) yaitu sebuah chips pada mainboard yang bertugas untuk melakukan proteksi enkripsi data dan mengamankan semua hardware yang terpasang pada laptop atau PC tersebut.

Selain membutuhkan TPM 2.0 juga wajib mengaktifkan secure boot bagi sistem Windows 11 yang terinstall dengan metode UEFI dengan disk GPT. Memang Microsoft merekomendasikan mengaktifkan secure boot untuk mengamankan sistem operasi yang terinstall agar aman dan terhindar dari mallware yang menyerang dari sisi boot.

Defaultnya jika PC kamu sudah terinstall Windows 10 UEFI, umumnya secure boot sudah aktif dan siap mengamankan boot service dari Windows 10 agar tidak terkena mallware boot. Namun secure boot ini juga memblokir proses booting dari semua media device kecuali Hardisk yang sudah terinstall Sistem Windows UEFI. Maka dari itu, untuk melakukan installasi ulang ke Windows 11, disarankan untuk mematikan (disable) sementara fitur secure boot melalui BIOS Setting.

Intinya adalah, untuk agar laptop atau PC kamu bisa menjalankan Windows 11, syarat utamanya adalah mengaktifkan TPM 2.0

TPM 2.0 adalah fitur yang sudah rilis pada semua hardware komputer sekitar 4-5 tahun terakhir. Cuman untuk Sistem Windows 10, bisa kita matikan atau hidupkan fitur tersebut, tanpa mempengaruhi kinerja dari Sistem Operasi Windows 10. Tapi tidak untuk Windows 11, karena Sistem Operasi ini mewajibkan TPM 2.0 aktif dan ready mengamankan dan memvalidasi semua hardware yang terpasang pada sistem operasi Windows 11.

Gambar diatas adalah informasi yang ditampilkan jika laptop atau PC kamu tidak support untuk menjalankan Windows 11. Kamu bisa lakukan cek apakah laptop dan PC kamu support untuk running Windows 11 atau tidak dengan mengunduh dan menginstall aplikasi bernama Windows PC Health yang bisa didownload di situs resmi Microsoft.

Sekian informasi penting seputar Windows 11, kesimpulannya adalah Mutlak Windows 11 membutuhkan fitur TPM 2.0 agar bisa jalan di laptop dan PC kamu. Eiittss tapi jangan berkecil hati dulu jika laptop dan PC kamu tidak support! karena ada trik untuk mengatasi agar Laptop atau PC jadul yang tidak ada fitur TPM 2.0 bisa menjalankan Windows 11, caranya adalah dengan mem-Bypass TPM Check. Bagaimana caranya ? saya akan bahas perlahan di potingan berikutnya, ditunggu ya …

Sekian, semoga bermanfaat, salam sehat selalu

Exit mobile version