Tips Komputer Agar Hemat Listrik

Selamat malam teman, tidak biasanya saya posting di malam hari, dikarenakan ada sesuatu hal yang membuat saya tetap terjaga di malam ini.

Karena saya adalah seorang teknisi komputer, saya akan mulai berbagi tips sederhana mengenai komputer dan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menghemat listrik dari komputer. Karena memang dari bulan ke bulan apalagi di tahun 2017 ini, biaya PLN naik secara drastis, kurang lebih 50%-100% kenaikan yang dirasakan oleh semua pelanggan PLN, dan memang sumber listrik satu2nya adalah PLN, dan Listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Meskipun mahal kita tetap membayarnya hehe.

Namun alangkah bijaknya jika penggunaan / pemakaian listrik digunakan sesuai dengan kebutuhan, dan jika bisa dibuat hemat, kenapa tidak, karena kata pepatah “hidup hemat pangkal kaya” tapi hidup pelit susah kayanya hehehe.

Baik, mari kita bersama2 menghemat listrik mulai dari yang sederhana, dengan mematikan lamput penerangan di siang hari, lalu gunakan lampu berdaya watt kecil. Dengan langkah sederhana ini kita ikut melestarikan dan menjaga alam sekitar dengan ikut berhemat listrik. “Mari Bijak Menggunakan Listrik”

Oke bahasannya sudah melebar kemana2 nih, namun masih tetap dengan topik pokok, yaitu menghemat listrik.

Berikut adalah cara-cara menghemat listrik dalam penggunakan komputer, mari kita simak :

  1. Gunakan layar monitor LED, kenapa ? karena layar monitor LED adalah layar monitor komputer LCD yang menggunakan backlight LED dengan kerja daya yang rendah, otomatis watt listrik yang terkonsumsi sangatlah kecil sekali.
  2. Gunakan komputer sesuai dengan fungsinya dan kebutuhan Anda.
    1. Misalnya anda ingin sekedar memutar musik MP3 dengan Speaker Aktif yang wah, lebih baik Anda gunakan ponsel / alat pemutar musik untuk memutar sebuah lagu lalu sambungkan alat tersebut ke speaker aktif, dan langkah ini lebih hemat listrik daripada menggunakan komputer yang hanya digunakan untuk memutar musik hehehe.
    2. Gunakan komputer sesuai kebutuhan Anda, misalnya anda perlu komputer untuk membuat laporan kerja Anda yang kebetulan menggunakan program aplikasi office sederhana, maka gunakanlah atau rakitnya komputer dengan spek yang biasa saja, jangan merakit komputer dengan spek tinggi karena konsumsi daya komputer spek tinggi sangatlah besar.
  3. Setting pengaturan pada sistem operasi yang Anda gunakan pada bagian Power Setting. Atur agar jika komputer dalam keadaan diam (tidak sedang dipakai) maka otomatis sistem akan ke mode sleep (tidur) pada layar monitor dan pada sistem unit CPU. Ini akan menghemat konsumsi listrik jika Anda tiba2 meninggalkan komputer sementara. (AFK)

Cukup saya kira, begitulah cara kita agar bagaimana menghemat listrik dari pengunaan komputer kita, semoga tips ini bermanfaat bagi Anda semua, dan jika memang bermanfaat, silahkan share ke sosmed Anda, atau silahkan copas dengan meninggalkan jejak referensi sumber.

Terima Kasih
Admin – Andryli

Leave a Comment